Bagian Penting Dalam Safety Belt

Menggunakan sabuk pengaman kerja adalah keharusan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja di lingkungan kerja yang berisiko. Dengan memahami jenis-jenis sabuk pengaman yang tersedia dan menerapkan langkah-langkah penggunaannya dengan benar, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif. Sebelum Safety Belt dipakai wajib untuk diperiksa kelayakannya, mulai dari pengecekan secara fisik yang meliputi pemeriksaan webbing, buckle, ring serta informasi yang lainnya sesuai dengan petunjuk penggunaanya. Jangan sesekali memakai Safety Belt apabila keadaannya rusak atau webbing sudah berserabut.

Berikut ini bagian penting dari safety belt dalam proyek

1. Webbing

Webing adalah tali yang terbuat dari anyaman kain atau serat sintetis yang berfungsi sebagai penahan beban dalam penggunaan safety belt. Webbing menjadi fungsi yang sangat penting dalam keselamatan kerja, sehingga sangat penting untuk memeriksa kondisi webbing sari sebuah safety belt.

2. Buckle

Buckle bisa dikatakan menjadi bagian yang amat vital karane fungsinya sebagai pengunci dari safety belt agar tidak lepas dari tubuh penggunaannya. Jika anda menemukan buckle dengan pin pengunci yang bengkok, retak atau longgar, sebaiknya jangan digunakan.

3. Ring

Ring dalam safety Belt berfungsi sebagai pengait lanyard ke belt, jika bagian ini rusak maka pekerja akan mengalami kecelakaan akibat terlepasnya pengait lanyard.  

Dalam penggunaan safety belt dalam konstruksi terdapat beberapa aturan diantaranya sebagai berikut:

  1. Pekeraja wajib menggunakan safety belt pada saat bekerja pada ketinggian 1.8 meter diatas permukaan tanah.
  2. Safety belt wajib distertai dengan pengait yang kokoh dan gesper yang mudah dilepas saat keadaan darurat.
  3. Pemasangan safety belt harus dilakukan dengan benar dan ketat di sekitar pinggang pekerja sehingga tidak mudah lepas atau melorot saat bekerja.
  4. Penggunaan safety belt harus memperoleh pelatihan khusus tentang cara penggunaan dan perawatan safety belt.
  5. Setiap pekerja yang akan menggunakan safety belt wajib memeriksa kondisi tali pengait, gesper, dan sabuk pengaman.
  6. Setiap pekerja yang akan menggunakan safety belt harus mengikuti prosedur keselamatan kerja yang berlaku.

Dari penjelasan diatas kita jadi tahu betapa pentingnya sabuk pengaman dalam dunia kerja. Karena dengan menggunakan sabuk pengaman maka akan meminimalisir adanya keelakaan dalam bekerja. Selain itu pengecekan dan perawatan sabuk pengaman juga sangat penting.

Untuk anda yang ingin memesan produk safety belt proyek, hi tools.co.id menyediakan safety belt berstandar yang dapat dipergunakan untuk keperluan proyek. Adapun pilihan safety belt yang tersedia dapat anda lihat di katalog produk kami. Atau klik logo WA dibawah ini untuk terhubung dengan admin kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu