Fungsi Kacamata Las Dan Jenisnya

Penggunaan kacamata las adalah langkah untuk melindungi mata dari radiasi berbahaya dan percikan logam yang mungkin terjadi selama proses pengelasan. Artikel ini akan membahas secaramendalam Fungsi Kacamata Las Dan Jenisnya. Dengan pemahaman yang baik tentang fungsi kacamata las, Anda dapat menghindari bahaya yang mungkin muncul dari proses pengelasan dan dapat menjaga kesehatan mata selama bekerja.

Fungsi Kacamata Las Dan Jenisnya

    1. Perlindungan dari Radiasi UV dan Inframerah
      Salah satu fungsi kacamata las adalah melindungi mata dari radiasi ultraviolet (UV) dan inframerah yang dihasilkan selama proses pengelasan. Proses ini dapat menghasilkan cahaya yang sangat terang, dan paparan berlebihan terhadap radiasi UV dan inframerah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata, seperti katarak.
    2. Pelindung dari Percikan dan Serpihan Logam
      Fungsi kacamata las juga sebagai pelindung fisik terhadap percikan logam yang mungkin muncul selama proses pengelasan. Serpihan logam panas dapat menyebabkan luka bakar pada mata dan menyebabkan kerusakan mata yang serius. Kacamata las dirancang dengan bingkai dan lensa tahan terhadap dampak untuk mengurangi risiko terkena serpihan logam.
    3. Memberikan Visibilitas yang Optimal
      Selain melindungi mata dari radiasi dan percikan. Lensa kacamata las juga didesain secara khusus untuk mengurangi kecerahan dari percikan dan sinar yang dihasilkan oleh busur listrik sehingga pekerja dapat melihat dengan jelas dan mampu bekerja secara efisien.
    4. Mengurangi Kelelahan Mata
      Penggunaan kacamata las bisa membantu mengurangi kelelahan mata yang disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang. Dan membantu mengurangi kelelahan mata yang dapat terjadi akibat paparan berkepanjangan terhadap cahaya intens yang dapat memicu penurunan ketahanan penglihatan.
    5. Pemisahan Optik Otomatis
      Beberapa jenis kacamata las dilengkapi dengan fitur pemisahan optik otomatis. Jadi saat anda mengelas, kacamata las ini akan melindungi cahaya arc yang muncul saat operasi pengelasan. Fitur ini sangat berguna dalam situasi di mana tingkat kecerahan berubah secara drastis, sehingga anda tetap dapat melihat keadaan sekitar tanpa harus membuka kacamata.


Jenis-Jenis Kacamata Las

    1. Kacamata Las Welding
      Kacamata welding adalah salah satu kacamata las yang berbentuk seperti kacamata renang. Kacamata las welding berfungsi untuk melindungi mata dari kilatan cahaya yang dihasilkan dari proses pengelasan.
    2. Kacamata Visor / Browguards
      Kacamata visor / Browguards mirip seperti topi tenis / baseball yang memiliki penutup dibagian depan. Fungsi dari kacamata las ini selain melindungi mata juga melindungi wajah sekaligus.
    3. Kacamata Las Safety Spectales
      Kacamata las ini lebih dikenal dengan kacamata bening, perbedan kacamata ini dengan kacamata pada umumnya terletak pada desain lensa samping yang melebar. Yang bertujuan sebagai perlindungan maksimal terhadap debu, bahan kimia, dan sumber penyakit yang masuk kedalam mata.
    4. Kacamata Face Shield / Face Screen
      Kacamata las ini berbentuk menyerupai topeng, fungsinya bukan hanya melindungi mata. Tetapi juga melindungi seluruh wajah.
    5. Kacamata Googless / Over Specs
      Kacamata las ini mempunyai lensa yang panjang dan lebar. Kacamata ini juga terdapat tali yang sangat elastis dan dapat diatur panjang pendeknya. Sehingga kacamata jenis ini lebih sering digunakan untuk profesi konstruksi, pabrik dan staf laboratorium.
  1.  

Fitur-Fitur Penting Kacamata Las

    1. Pemilihan Lensa yang Tepat
      Pemilihan lensa yang tepat sangat penting. Lensa harus memenuhi standar keselamatan dan memberikan perlindungan yang optimal terhadap radiasi dan serpihan logam.
    2. Bingkai yang Kokoh dan Nyaman
      Bingkai kacamata las harus kokoh dan nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Pilihlah bingkai yang sesuai dengan bentuk wajah dan tidak mengakibatkan tekanan berlebihan pada area tertentu.
    3. Ventilasi yang Baik
      Ventilasi yang baik pada kacamata las membantu mengurangi kemungkinan terbentuknya embun pada lensa, menjaga visibilitas yang optimal selama pengelasan.
    4. Kemudahan Penyesuaian
      Fitur penyesuaian seperti tali kepala yang dapat diatur atau bingkai yang dapat dimodifikasi memastikan kenyamanan dan kesesuaian kacamata las dengan pengguna.
  1.  

Kesimpulan

Dalam penjelasan diatas, kacamata las adalah perlengkapan yang tidak boleh diabaikan. Fungsi utamanya sangat penting untuk perlindungan mata dari radiasi berbahaya, percikan logam, dan kecerahan yang tinggi dalam bekerja. Dengan pemilihan kacamata las yang tepat, pekerja pengelasan bisa memastikan keselamatan mata mereka, menjaga kesehatan mata jangka panjang, dan meningkatkan kinerja dalam pekerjaan mereka. Pemahaman tentang berbagai jenis kacamata las, manfaatnya, dan fitur-fitur yang perlu dipertimbangkan dapat membantu pemilihannya yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kerja spesifik. Hi Tools menjual kacamata las dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu