Sejarah Lampu Dari Masa Ke Masa

Lampu merupakan sumber cahaya yang digunakan banyak orang dalam beraktivitas, sehingga tak heran jika keberadaannya mudah ditemukan. Keberadaan lampu tentu saja tak terlepas dari kebutuhan dan aktivitas manusia, sehingga dapat lebih bebas meski pun melakukan kegiatan di malam hari. Sebelum lampu listrik ditemukan, manusia menggunakan berbagai metode untuk menghasilkan cahaya seperti menggunakan api unggun, lilin, obor dan lampu minyak. Artikel ini akan membhas sejarah lampu dari masa ke masa secara terperinci. Berikut ini perkembangan lampu dari masa ke masa

  1. Pada masa ini manusia belum menggunakan lampu listrik seperti sekarang. Untuk menghasilkan cahaya orang-orang menggunakan lilin, obor, ataupun api unggun.
  2. Kemudian lampu gas ditemukan pertama kali oleh William Murdoch pada tahun 1792. Pada masa ini sebagian kota-kota besar menggunakan cahaya gas.
  3. Lampu listrik pertama kali ditemukan oleh Thomas Eldision dan Sir Joseph Swann, menyempurnakan lampu listrik menjadi bola lampu (bohlam) seperti sekarang.
  4. Perkembangan selanjutnya dalam teknologi lampu mencangkup lampu LED seperti sekarang.

Jenis-Jenis Lampu Elektrik

Ada beberapa jenis lampu listrik yang berbeda, masing-masing memiliki karakteristik, kegunaan, dan keunggulan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis lampu listrik yang umum digunakan:

1. Lampu Pijar (Incandescent Lamp)

Lampu pijar dapat dijelaskan sebagai jenis penerangan tradisional yang menggunakan filamen dipanaskan untuk menghasilkan cahaya. Komponen utama lampu pijar ini adalah bola lampu yang terbuat dari bahan kaca dan filamen, dilengkapi dengan kaki lampu untuk mengaliri listrik. Saat dialiri arus listrik, filamen akan berubah menjadi panas dan menghasilkan cahaya pada lampu bohlam. Lampu pijar biasanya digunakan untuk penerangan dalam ruangan karena cahaya yang dihasilkan tidak terlalu terang seperti lampu belajar dan lampu meja.

2. Lampu Neon (Flourescent Lamp)

Lampu neon biasanya disebut dengan lampu pendar bentuk dari lampu ini sangat beragam yang menjadi ciri khas. Dengan cahaya yang lembut dan berkedip-kedip menjadikan lampu neon sebagai lampu hias.  

3. Lampu LED (Light Emitting Diodes)

Lampu LED memiliki beberapa keungggulan hal ini menjadikan lampu ini lebih sering dipakai masyarakat  yaitu lebih sedikit menggunakan energi listrik dari pada jenis lampu jenis lainnya, pancaran sinar yang dihasilkan lebih terang dan bisa menjangkau jarak lebih jauh.

4. Lampu Halogen

Lampu halogen adalah lampu pijar yang biasanya dipakai dikendaraan bermotor diera 90 an. Lampu ini memiliki banyak kelebihan diantaranya cahaya yang dihasilkan lebih terang, harga lebih hemat, sorot lampu yang lebih kuat, lampu yang berwarna kuning sehingga tidak membuat pengendara silau

5. Lampu CFL  (Compact Fluorescent Lamp)

Lampu CFL atau sering disebut lampu neon kompak. Dalam beberapa tahun terakhir, lampu ini telah digulung menjadi bentuk ini (berbeda dengan lampu neon sepanjang 4 kaki) sehingga dapat dipasang di lampu apa pun. Lampu neon bekerja dengan cara membangkitkan sejumlah uap merkuri yang tersimpan di dalam lampu dengan listrik.

Keberadaan lampu tentu saja tak terlepas dari kebutuhan dan aktivitas manusia, sehingga dapat lebih bebas meski pun melakukan kegiatan di malam hari. Dengan penekanan pada inovasi dan dampak lingkungan, teknologi lampu terus berkembang untuk mencapai masa depan yang lebih cerah. Perkembangan lampu mulai dari obor dan lilin, lampu gas, lampu listrik, hingga sampai saat ini lampu LED seperti yang sering kita gunakan sekarang.

Hi Tools menjual lampu dengan berbagai jenis dan merk dengan harga yang kompetitif dan berkualitas. Klik logo WA dibawah untuk terhubung dengan CS kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu