Fungsi Kunci Ring Dan Jenisnya


Bagi sebagian orang yang memiliki kendaraan dan pecinta otomotif pastinya mengenal benda yang bernama kunci ring. Kunci ring  menjadi salah satu alat yang memegang peranan penting untuk perbaikan dan perawatan kendaaan otomotif. Sehingga kunci ring sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki kendaraan. Dalam artikel ini akan membahas kunci ring, jenis-jenis kunci ring, dan cara pemkaian kunci ring.

 

Pengertian Kunci Ring

Kunci ring sering disebut sebagai combination wreanch karena memiliki 2 ujung dan fungsi  yang berbeda. Manfaat utama dari kunci pas ring ini adalah untuk mengendurkan dan mengencangkan baut atau mur dengan posisi yang berbeda.

Ukuran kunci kombinasi sendiri sangat bervariasi mulai dari 6 hingga 32mm dengan offset 15 derajat dari tangkainya. Kedua ujungnya juga memiliki ukuran yang sama, misalnya baik ring atau pas mempunyai lebar 10mm. Alat ini sering digunakan dalam perbaikan kendaraan, konstruksi, dan berbagai kegiatan lainnya yang melibatkan pengunaan baut dan mur.

Kelebihan Dari Kunci Ring

      1. Kunci ring dapat membuka secara penuh permukaan baut
      2. Kunci ring dapat membuka sekaligus mengencangkan pemasangan baut yang keras
      3. Kunci ring tidak membutuhkan waktu lama untuk mengencangkan atau membuka baut
      4. Kunci ring ringan dan fleksibel saat digunakan

    Kekurangan Kunci Ring

        1. Kunci ring tidak dapat digunakan pada ruang yang sempit
        2. Kunci ring tidak cocok untuk buat yang sudah rusak dan berkarat
        3. Kunci ring tidak cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan ketepatan

      Fungsi Dari Kunci Ring

          1. Membuka dan mengencangkan baut segi enam
            Kunci ring menjadi pasangan yang tepat untuk baut semacam itu. Dalam dunia otomotif penggunaan baut segi enam bisa ditemui dimana-mana. Mulai dari bagian bodi, mesin, hingga kelistrikan. Oleh karena itu kunci ring seolah menjadi alat yang wajib dimiliki mekanik.
          2. Mengurangi resiko kerusakan pada baut dan mur
            Kunci ring memiliki bentuk lingkaran dimana semua sisinya tertutup. Desain semacam ini membuatnya lebih aman dan kuat memegang setiap sisi baut segi enam. Hal tersebut menjadi alasan kunci ring adalah alat yang tepat ketika anda perlu mengencangkakn baut dengan torsi yang besar.
            Tips tambahan untuk baut yang sulit dibuka adalah dengan meyemprotkan cairan penetran terlebih dahulu. Cairan tersebut akan masuk kesela-sela baut dan berfungsi ibarat pelumas untuk membantu baut mudah untuk dibuka.
          3. Mempermudah akses pada ruang terbatas
            Pada dasarnya, fungsi kunci ring dapat berjalan ketika ada ruang yang cukup untuk menempatkannya saat mengelilingi baut. Hal tersebut dikarenakan semua sisi kunci ring tertutup dan terbentuk lingkaran.

        Jenis-Jenis Kunci Ring

        Berikut ini jenis kunci ring :

            1. Kunci Pas
              Kunci ring ini memiliki desain yang terbuka membentuk huruf U. Kunci pas biasanya digunakan untuk membuka atau mengencangkan baut dan mur yang sulit dijangkau. Dengan ujung yang terbuka,kepala kunci ini memudahkan anda saat memutar mur dan baut tersebut.
            2. Kunci Ring
              Kunci ring memiliki bentuk yang bulat atau tertutup. Kepala kunci ini biasanya digunakanpada mur dan baut yang memiliki bentuk segi enam. Namun, ada juga kunci ring yang bisa digunakan pada baut yang berbentuk kotak. Kunci bengkel ini bisa digunakan untuk mengundurkan baut yang keras sebelum melanjutkan membukanya menggunakan kunci pas.
            3. Tangkai (Beam)
              Bagian tangkai kunci ring ini mungkin tekesan sepele karena hanya berbentuk sebuah lempengan saja. Padahal, bagian ini merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap kenyamanan kunci ring pas. Jika tangkai kunci terlalu tipis dan licin, hal tersebut dapat menyebabkan tangan anda menjadi sakit atau terluka.

          Cara Pakai Kunci Ring

              1. Lihat terlebih dahulu ukuran mur atau baut
              2. Letakan dan pasang kunci ring tepat pada baut
              3. Posisikan tegak lurus agar tidak mudah meleset
              4. Kencangkan mur atau baut dengan memutar kearah kiri
              5. Kendorkan mur atau baut dengan memutar kearah kanan

            Sebagai kesimpulan artikel ini diharapkan bisa memberi penjelasan mengenai pengertian, fungsi, jenis, terkait dengan kunci ring. Jika Anda ingin mengetahui informasi tentang kunci ring silahkan kunjungi website kami di hitools.co.id. Kami juga merekomendasikan anda untuk membeli produk kunci ring di Bekasi Jl. Wibawa Mukti II No.69, Jatiasih, Kec. Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat 17423 atau di cabang terdekat kami di Cibubur Jl. Alternatif Cibubur No.Km.7, RT.03/RW.04, Cileungsi, Kec. Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820

             

            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *

            Main Menu